WHAT'S NEW?
Loading...

Awalan: Apa Arti Paradoks?

paradoks Zeno
Pernah dengar istilah paradoks? ya, istilah ini biasanya menyajikan kasus-kasus yang agak gak jelas. Sepemikiran dengan pendapat ini?

Banyak yang menyajikan kasusnya ketika kamu search di google. Tapi jarang yang mau membahas artinya. Alhasil, teka-teki unik yang satu ini jarang diminati, sebab orang-orang tidak mengenal dan tidak merasa butuh.

Oleh sebab itu, kali ini saya akan memberitau ke kamu artinya. Harapannya, kamu bisa menggunakan teka-teki ini untuk mempertajam daya nalar. Let's Get Started!





Arti Paradoks: secara bahasa dan makna umum
Kamus Merriam-Webster

Secara bahasa menurut Merriam-Webster, paradoks berasal dari Ancient Greek yaitu Paradoxos yang artinya kontrari dengan ekspektasi. Apa itu kontrari dan apa itu ekspektasi?

Lebih rincinya bisa dibahas di ilmu logika. Tapi pada prinsipnya hanya berupa adanya premis yang saling (atau tampaknya) bertolak belakang dalam satu atau dengan kesimpulannya.

Kalau menurut wikipedia, paradoks adalah sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Intuisi disini bisa diartikan sebagai pengalaman atau perkiraan.

Baca juga: Latar Belakang Belajar Ilmu Logika


Duh, rumit banget definisinya. Apa contoh sederhananya?
Segitiga
Kontrari semacam ini tidaklah sesederhana yang mungkin kamu sedang bayangkan. Dia bisa menjadi rumit karena cara berpikir kita yang mungkin salah. Misalnya saja kalimat "aku bukan siapa-siapa" atau "kita harus jahat supaya bisa baik".

Kalimat itu mungkin sering kita dengar sehari-hari. Dan banyak dipakai oleh orang awam, utamanya mereka-mereka yang cuma ikut-ikutan tren. Padahal mereka tidak sadar kalau kesimpulan itu adalah sesuatu yang kontraris. Jika tidak sadar, maka akan ada kemungkinan mereka salah berperilaku.

Tapi, bukan berarti paradoks itu salah. Mungkin saja benar. Syaratnya adalah pembuktian kebenaran dari premis-premis yang terkait. Jika premisnya tidak bisa dibuktikan bahwa premis itu benar, maka dia salah. Sebaliknya, juga berlaku sebaliknya.


Apa yang ditawarkan oleh paradoks?
Yang ditawarkannya adalah sebuah media untuk dikritisi oleh pembelajar logika atau orang yang berkemampuan logika. Mengapa? sebab dia merupakan teka-teki yang unik yang hanya bisa dipecahkan dengan orang yang berkemampuan dibidang logika. Seperti apakah orang yang berkemampuan dibidang logika? tentu saja sebenarnya semua orang.

Pada dasarnya semua orang adalah pelaku logika. Hanya saja, ketajaman logika dari masing-masing orang berbeda. Ada yang biasa saja. Ada juga yang sangat tajam sehingga menusuk logika-logika yang salah.

Dengan media semacam ini, baik yang biasa saja ataupun tajam logikanya akan semakin terasah. Darisana, dia akan bisa menentukan nilai dari suatu pernyataan atau perbuatan seseorang.
Kesalahan Berlogika

Jadi, jika kamu adalah orang yang ingin terbiasa untuk berlogika, memecahkan kasus-kasus paradoks bisa menjadi media yang baik. Saran saya, ada baiknya kamu untuk belajar logika disini, ataupun di blog ini (coming soon). Dimanapun.

Jika kamu sudah memahaminya, baik sedikit atau bahkan substansial, maka memecahkan kasus paradoks mungkin bisa lebih mudah. Juga, tidak akan ada lagi fenomena "logika pak hakim".


3 komentar: Leave Your Comments